PENYEBARAN INFORMASI KEIMIGRASIAN TENTANG VISA DAN IZIN TINGGAL BAGI TENAGA KERJA ASING (TKA)

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini dunia sedang dihadapi oleh era persaingan bebas tenaga kerja dimana setiap orang memiliki akses untuk bekerja melampaui batasan Negara. Salah satu destinasi Negara yang menjadi tujuan tenaga kerja asing adalah Indonesia. Hal tersebut dapat menjadikan suatu peluang bagi Indonesia yang saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan perekonomian nasional melalui peningkatan investasi dan perluasan kesempatan kerja. Namun, disisi lain perlu pula untuk diantisipasi dampak negatif yang akan ditimbulkan dari keberadaan orang asing di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah perlu mengatur kembali perizinan penggunaan Tenaga Kerja Asing di Indonesia dengan memberlakukan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No 16 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Visa dan Izin Tinggal Bagi Tenaga Kerja Asing.

Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai lembaga negara yang memiliki kewenangan untuk mengatur mobilitas orang yang masuk dan keluar Negara Indonesia senantiasa turut mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk memperbaiki iklim investasi di Indonesia dengan memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya dalam hal pengaturan izin tinggal orang asing di Indonesia. Saat ini telah di launching Aplikasi Permohonan Izin Tinggal Online yang merupakan aplikasi berbasis web yang bertujuan memberikan layanan izin tinggal keimigrasian secara online kepada pemohon izin tinggal keimigrasian.  Khusus untuk Tenaga Kerja Asing, ITAS Online dapat diajukan di Bandar Udara pada saat yang bersangkutan mendarat, sehingga tidak perlu lagi mengajukan di Kantor Imigrasi tempat TKA berdomisili.  Berkaitan dengan hal tersebut, perlu adanya sosialisasi terkait aturan-aturan dan sistem baru tersebut kepada pihak-pihak yang terlibat dan bertanggung jawab secara langsung dalam proses perizinan keimigrasian bagi TKA.  

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon menginisiasi diselenggarakannya Kegiatan Penyebaran Informasi Keimigrasian tentang Visa dan Izin Tinggal bagi Tenaga Kerja Asing yang telah dilaksanakan pada Selasa, 26 Maret 2019 bertempat di Ruang Serbaguna PT Nippon Shokubai Indonesia (NSI) dan di hadiri oleh 35 (tiga puluh lima) orang perwakilan dari perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan TKA dan berdomisili di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Martahan Hutapea, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum Banten dan didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon serta jajaran dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, dengan hal yang disampaikan bahwa perlu adanya kesiapan bagi suatu Negara dalam menghadapi era persaingan bebas tenaga kerja. Dalam mengantisipasi dampak dari hal tersebut, beliau menyampaikan perlu adanya regulasi pemerintah yang mengatur mobilitas masuk dan keluarnya orang asing ke Negara Indonesia khususnya terkait perizinan keimigrasian bagi Tenaga Kerja Asing.

Kegiatan ini merupakan salah satu sarana komunikasi dan sharing informasi antara Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon selaku Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Imigrasi dalam memberikan pelayanan terkait proses perizinan bagi Tenaga Kerja Asing dengan para pemangku kepentingan seperti perusahaan yang mempekerjakan TKA yang berdomisili di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon. Antusiasme peserta cukup tinggi dalam menyimak materi yang telah disampaikan oleh 2 (dua) narasumber yakni Tessar Bayu Setyaji, Kasi Izin Tinggal Terbatas pada Direktorat Izin Tinggal Keimigrasian, Direktorat Jenderal Imigrasi  dengan topik “Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian” dan Triyono Iman Santoso, Kepala Sub Bidang Penindakan Keimigrasian pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, dengan topik “Pengawasan Keimigrasian” . Kegiatan diskusi/tanya jawab berjalan dengan cukup interaktif yang dipandu oleh seorang moderator I Dewa Made Artana, Kepala Sub Bidang Intelijen Keimigrasian pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten.

Keseluruhan rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama oleh para undangan yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, pembacaan doa, kemudian foto bersama, dan berlanjut pada acara inti yakni paparan materi dan diskusi/tanya jawab yang disampaikan oleh narasumber dan dipandu oleh seorang moderator, kemudian berlanjut dengan pemberian cinderamata ucapan terima kasih yang diberikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon kepada perwakilan dari PT Nippon Shokubai Indonesia yang telah memfasilitasi tempat kegiatan,  dan diakhiri dengan kegiatan ramah tamah.       

Diharapkan melalui kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon ini dapat memberikan suatu pemahaman yang baik kepada pihak-pihak terkait tentang regulasi , alur proses perizinan dan penerapan sistem baru, serta menjawab berbagai kendala atau permasalahan yang kiranya mungkin dihadapi selama ini.

Berita Lainnya
LEAVE A REPLY